Lepas Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Ciamis, Bupati Herdiat Titipkan 2 Hal Pada Jemaah

Kabupaten Ciamis – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra beserta Jajaran Forkopimda melepas secara resmi keberangkatan jemaah calon haji kloter pertama Kabupaten Ciamis, pada Sabtu (27/05) bertempat di Gedung KH. Irfan Hielmy.

Diketahui, pada pemberangkatan jemaah calon haji Ciamis kloter pertama 1.444 H/2023 M tersebut sebanyak 400 orang jemaah, yang 0terdiri dari 392 Calon Jemaah dan 8 orang petugas.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat titipkan dua hal pada jemaah calon haji Ciamis yang akan melaksanakan ibadah haji ke Baitullah tahun ini.

Pertama Bupati titipkan agar para jemaah senantiasa menjaga kondisi fisik, mengingat ibadah haji bukan merupakan ibadah yang mudah, apalagi jutaan umat muslim dari seluruh dunia berkumpul disana.

“Yang pertama tentu harus menjaga kondisi fisik, ibadah haji memerlukan fisik yang kuat apalagi disana berkumpul umat Muslim daru seluruh dunia,” Ucapnya.

“Kalau fisiknya tidak kuat, dikhawatirkan pelaksanaan ibadah haji nya tidak akan sempurna,” sambungnya.

Selanjutnya, Bupati menerangkan bahwa cuaca di Mekkah maupun di Madinah berbeda dengan di tanah air, dimana kalau cuaca panas akan sangat panas dan ketika dingin tentu sangat dingin.

 

“Cuaca disana cukup ekstrem, suhunya sudah lebih di atas 40 derajat celcius, di Ciamis paling tinggi 30 derajat itupun sudah tergolong tinggi,” ujarnya.

Oleh karenanya, Ia berpesan agar para jemaah haji dapat makan dan minum secara teratur dengan mengutamakan makanan yang bergizi dan agar terhindar dari dehidrasi.

“Kadang panas terik, kadang sangat dingin maka saudara semua harus kuat, diantranya makan minum teratur utamakan yang bergiji, juga menjaga agar tidak dehidrasi,” pesan Bupati.

Kemudian yang kedua, Bupati Ciamis ini menitipkan agar para jemaah haji dapat meluruskan niat dengan semata-mata melaksanakan ibadah karena Allah SWT dan melupakan semua permasalahan duniawi.

“Laksanakan ibadah dengan tenang dan khusu’, lupakan semua permasalahan duniawi dan apapun yang terjadi tetap luruskan niat,” tandasnya.

 

“Kami jajaran Pemda turut mendo’akan mudah-mudahan bapak ibu sehat, panjang umur dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kloter ini untuk jemaah calon haji termuda berusia 18 tahun dan yang tertua 94 tahun yang sama-sama berasal dari Kecamatan Lakbok.

PROKOPIM CIAMIS

Share this Post